Konsep Desain Arsitektural Modern

Gaya Arsitektural Modern adalah gaya desain yang simple, bersih, fungsional,stylish dan selalu mengikuti perkembangan jaman. Gaya Arsitektural Modern juga yang berkaitan dengan gaya hidup modern yang sedang berkembang pesat. Gaya hidup modern ditopang oleh kemajuan teknologi, dimana banyak hal yang sebelumnya tidak bisa dibuat dan didapatkan menjadi tersedia bagi banyak orang.

Dalam mendesain konsep dan gaya modern selalu melihat nilai benda-benda (furniture) berdasarkan besar fungsi dan banyaknya fungsi benda tersebut, serta berdasarkan kesesuaiannya dengan gaya hidup yang menuntut serba cepat, mudah dan fungsional. Dalam arsitektur, gaya hidup modern berimbas kepada keinginan untuk memiliki bangunan yang simple, bersih dan fungsional, sebagai symbol dari semangat modern. Namun, gaya hidup semacam ini hanya dimiliki oleh sebagian masyarakat saja terutama yang berada di kota besar, dimana kehidupan menuntut gaya hidup yang lebih cepat, fungsional dan efisien.

Arsitektur modern memiliki ornament yang sangat minim. Pada arsitektur modern fungsi lebih diutamakan dalam menentukan bentuk, ukuran dan bahan DiIndonesia rumah-rumah dengan gaya arsitektur modern mulai banyak diterapkan pada awal tahun 70an. Di masa sekarang pun banyak rumah-rumah baru yang dibangun dengan gaya arsitektur modern dengan penyesuain terhadap bahan bangunan dengan teknologi terkini, perkembangan budaya dan wawasan serta gaya hidup penghuninya.

Eksterior rumah dengan gaya arsitektur modern didominasi dengan jendela yang berukuran lebar dan atau tinggi, list plang beton memanjang dan kanopi yang menjorok ke depan. Dengan kolom yang simple atau bahkan tanpa kolom. Bentuk masa rumah modern di dekorasi dengan ornament garis vertical, horizontal, dan diagonal yang sederhana pada dinding eksterior yang luas. Interior rumah modern ditata dengan ornament yang sederhana, plafond bertingkatdan void di ruang-ruang public yang meberikan kesan luas.

Ruang pada rumah dengan gaya Arsitektur modern umunya transparan, menerus, ruang-ruang saling terhubung dengan ruang-ruang perantara dibatasi oleh dekorasi interior yang tidak masiv. Bahan bangunan berupa stainless steel finishing polished, aluminum anodized, kaca berwarna / tinted glass, merupakan bahan dengan jenis finishing mencirikan rumah modern dimasa-masa awal berkembangnya diIndonesia.

Disaat sekarang ini banyak bahan bangunan dengan teknologi modern yang menjadi komponen penting seperti galvanized metal, granitile, grc, perforated metal dll .

Beberapa ciri-ciri arsitektur modern

  • Asimetris
  • Atap datar
  • Tidak ada cornice atau profil atap
  • Bentuk kotak
  • Tekstur halus
  • Penampilan efisien
  • Sudut lengkung
  • Jendela kaca
  • Alumunium dan stainless steel trim pada pintu dan jendela
  • Panel mengkilap
  • Deretan jendela atau garis – garis
  • Sedikit sekali atau bahkan hampir tidak ada hiasan
  • Denah terbuka.

Konsep Desain Arsitektural Minimalis

Saat ini sedang populer nya konsep desain rumah interior minimalis,Inti dari desain interior rumah minimalis adalah penghuni rumah dapat menikmati rumah yang ukuran sebenarnya kecil atau sederhana tetapi dengan penataan yg cerdas rumah menjadi terasa lebih luas, tenang dan santai.

Beberapa hal yang yang sering ditemui dalam konsep desain interior rumah minimalis adalah segala sesuatu yang terdapat di dalam rumah berperan sesuai dengan fungsinya. Seperti kursi hanya akan menjadi kursi, bukan menjadi pajangan atau hiasan pemanis saja di dalam rumah. Agar konsep desain interior ini dapat berjalan baik di dalam rumah, maka penghuni rumah harus benar-benar menjaga rumah tetap terlihat rapi, bersih dan nyaman. Sehingga walaupun rumah ditata dengan konsep desain interior rumah minimalis, namun jika jarang dirapikan tetap saja kesan minimalisnya hilang.

Beberapa karakteristik tertentu yang dapat ditemui dalam konsep desain interior rumah minimalis antara lain :

– Konsep dari desain interior rumah minimalis adalah sempurna, pas, dan tidak berlebihan. Karena itu, pilihlah bentuk aksesori ruangan di dalam rumah anda yang bersih, tegas, tanpa profil, dan bentuk geometris yang minimal.

– Jika Anda menggunakan konsep desain interior rumah minimalis, hindari penggunaan sekat ruangan di dalam rumah anda yang bersifat permanen. Penggunaan sekat untuk memisahkan ruangan hanya akan menimbulkan kesan sempit. Mungkin bisa ditambahkan dengan menggunakan karpet pada lantai sebagai pembeda ruang.

– Jika anda adalah orang yang menyukai karpet, pilihlah karpet yang warnanya solid namun tanpa motif/motif simpel. Corak seperti ini akan membuat ruangan di dalam rumah anda terkesan lebih luas dan lapang dan sesuai dengan konsep desain interior rumah

– Jika memang terpaksa harus menggunakan sekat, pilihlah yang sifatnya temporer atau aksesori saja. Fungsinya hanya memisahkan antar ruangan di dalam rumah anda dan bukan membatasi.seperti rak pajangan,ataupun partisi almari,dll

– Bagi anda yang ingin mempercantik ruangan di dalam rumah anda dengan menambah aksesori berupa lukisan, pilihlah konsep desain interior rumah minimalis yang komposisi dan frame-nya simpel tanpa ukiran atau profil. Jangan terlalu banyak memasang lukisan karena akan membuat ruangan di dalam rumah anda terasa sempit.

– Pilihan furniture juga perlu diperhatikan. Sebaiknya pilih furniture yang simpel tanpa profil dan ukiran dengan warna-warna gelap, seperti cokelat gelap untuk interior rumah anda karena hal itu sesuai dengan konsep desain interior rumah minimalis.

– Untuk desain interior kamar tidur, pilihkan warna cerah untuk dinding kamar anda. Jika ingin menggunakan aksen, pakai aksen yang biasanya ada di belakang ranjang. Sedangkan jika menggunakan wallpaper, pilihlah model anyam-anyaman bambu atau dedaunan. Pilih tempat tidur yang modelnya simple dan sesuaikan dengan ukuran ruangan yang ada. Jangan pasang tempat tidur terlalu besar karena akan membuat ruang gerak terbatas.

Penataan interior rumah konsep desain interior rumah minimalis memang perlu dilakukan secara cermat. Sebab keterbatasan luas ruang yang ada akan membawa kesan sempit dan hal ini tentu saja bertentangan dengan konsep desain interior rumah minimalis yang Anda inginkan.

Konsep Desain Interior Futuristik

Definisi

Arsitektur futuristik adalah arsitektur yang di desain dengan bentuk yang aneh dan berorientasi masa depan dan juga tidak lazim. Bentuk desain yang arsitektur futuristik ini bisa berbentuk kotak, bulat, atau tidak beraturan sekali atau berbentuk seperti badan hewan. Beberapa desain futuristik dari arsitektur modern ini ada yang sebenarnya dalam proses sedang dibangun atau akan dibangun serta ada yang sudah berdiri tegak dan digunakan. Dan ada juga yang masih dalam bentuk model dan replika.

Futuristic merupakan trend fashion yang berarti trend masa depan.  Namun trend fashion futuristic sudah menjadi suatu style yang baru dan memberikan pengaruh pada setiap rancangan yang ada. Saat ini fashion futuristic style diibaratkan seperti suatu yang lebih dari sebuah desain modern. Desain futuristic style dapat terjadi dengan adanya permainan pola pola geometris. Memainkan komposisi  dari bentuk-bentuk geometri menjadi suatu komposisi yang dapat terlihat  beda dari desain-desain saat ini.

Futuristic mempunyai arti yang bersifat mengarah atau menuju  ke masa depan. futuristic pada bangunan berarti mengesankan bahwa  bagunan itu berorientasi ke masa depan atau bangunan itu selalu mengikuti  perkembangan jaman yang ditunjukkan melalui ekspresi bangunan.

Gaya interior futuristic, tidak harus tampil kaku, dingin dengan  garis-garis lurus dan tegas. Gaya ini juga dapat pula menerapkan dasar  rancangan melalui bentuk geometris,seperti bentuk lengkung,lingkaran dan  bentuk lainnya yang asimetris serta desain yang unik,simple dan  berorientasi pada masa depan.Bentuk seperti ini akhirnya menajadi bagian dalam desain futuristic.

Fleksibilitas dan kapabilitas bangunan adalah salah satu aspek futuristic, Fleksibilitas dan kapabilitas sendiri adalah kemampuan bangunan  untuk melayani dan mengikuti perkembangan tuntutandan persyaratan pada  interior itu sendiri.

Implementasi pembentuk ruang:

1. Dinding. Konsep dinding menggunakan beberapa pengolahan ;

  • Pengolahan pertama, dinding menggunakan plester semen lalu dilakukan proses finishing dengan menggunakann wall paint   dengan warna dan jenis yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.
  • Pengolahan yang kedua, yaitu dinding menggunakan treatment berbahan acrylic yang juga berfungsi sebagai pencahayaan ruang. Dan gypsum board yang di finishing dengan hpl berwarna putih dan juga berfungsi sebagai pencahayaan ruang karena adanya aplikasi lampu electroluminecent wire pada dinding.
  • pengolahan pada dinding ruang pagelaran fashion show yang memerlukan penangan tata suara khusus menggunakan sistem dinding dobel dan wall covering dengan pengaplikasian glass woll sebelum proses plester semen dan finishing dengan menggunakan foam ruber yang dilapisi lagi dengan kain jenis suede. Sehingga mampu meredam suara dengan baik.

2. Konsep Material.Untuk dapat mendukung tema desain yang bersifat futuristic maka material utama yang digunakan dalam perancangannya adalah pemilihan material yang mencirikan masa depan (future) antara lain material – material yang dihasilkan melalui hasil proses industri seperti Penggunaan material stainless steel, clear glass, finishing kayu duco, finishing kayu laquer, acrylic, fnishing HPL, dan stone granit. Memadukan material – material ini pada material dinding, ceiling, dan lantai. Material lainnya yang digunakan adalah material yang memiliki sifat penyerap suara atau yang bersifat absorbent yang jauh lebih baik seperti penggunaan material lapisan karpet, karet padat, foam dan burgess steel . material – material ini akan diaplikasikan pada ruangan pagelaran fashion show dan ruangan yang memerlukan penanganan tata suara khusus lainnya dan dipadukan dengan material yang bersifat reflector
3. Konsep Warna.Pengaplikasian warna pada elemen pembentuk ruang interior menggunakan warna warna netral sebagai analogi dari dunia teknologi, selain itu penggunaan warna – warna ini sama seperti sifat dari fashion itu sendiri yaitu selalu berkembang dan berubah – ubah. aplikasi warna putih dengan aplikasi warna dengan intensitas penuh sebagai aksen ruang. Penggunaan warna putih sebagai warna dasar dari konsep warna bertujuan untuk membuat sebuah objek menjadi lebih cerah, lapang dan luas.warna putih merupakan warna netral yang cocok diaplikasikan dengan warna apapun. menggunakan skema warna analogus pada perancangan fashion center ini yaitu menggunakan pemilihan warna yang berdekatan pada lingkaran warna. Pemilihan warna biru – ungu untuk menggenapi konsep skema warna ini. dengan skema warna ini memunculkan sifat warna yang selaras dan tidak membosankan, warna yang selaras adalah warna – warna yang seiringan dan pada lingkaran warna terletak berdekatan. Pemilihan warna netral dan tidak dekoratif pada perancangannya bertujuan untuk secara tidak langsung menjadi latar dari sebuah fashion yang ingin ditampikan paca fashion center ini. mengaplikasikan warna netral dengan aksen warna analogus dari biru – ungu dengan tujuan agar segala hal yang ditunjukan akan terlihat lebih menarik.

Dirancang oleh arsitek Italia, Simone Micheli, rumah ini dikelilingi oleh vila-vila bergaya Renaissance di lereng bukit Settignano, Florence. Keindahan interior futuristiknya tersembunyi di balik fasad abad-20.

Interior futuristik itu terdiri dari beberapa cermin pantul yang “menangkap” dunia luar, lalu menciptakan bentrokan estetika antara alam sekitar dan modernisasi di dalam ruangan. Kreasi tersebut tercipta sebagai proyek penyatuan dua apartemen kecil dengan karakteristik yang sangat berbeda.

Untuk membuat suasana cerah lewat desain kontemporer ini, Simone menggabungkan ruang tamu terbuka, ruang makan, dan dapur. Ia menjadikan pintu sebagai fitur menarik dari kayu yang disandingkan dengan baja, sedangkan sisi lainnya dihiasi dengan panel-panel cermin pantul.

Sehingga kini ruangan Anda akan terlihat lebih terang dan tentu saja menjadi hemat energi.

Interior yang futuristik merupakan sebuah gaya yang berani, yang ditunjukan dari elemen elemen pembentuk ruangnya. karena desain futuristik ini memilliki kiblat ke arah masa depan, maka desain desainnya memang harus di desain sedinamis dan seaneh mungkin agar menciptakan suatu kesan yang baru dan membuat penikmatnya menjadi tidak bosan. Interior futuristik juga sangat mudah dikenali terutama dari segi:

  • permainan bidang ruangnya
  • materialnya yaitu: kaca, stainless steel, clear glass, finishing kayu duco, finishing kayu laquer
  • warnanya yang lebih netral dan tidak mencolok
  • Furniture dan hiasan rumahnya yang sangat futuristik dan dinamis